Posted by : Noacto Selasa, 10 Maret 2015

Nama/NIM : Ida Bagus Gde Dwipermana Sidhi / 1404505044
Jurusan/Fakultas/Perguruan Tinggi : Jurusan Teknologi Informasi / Fakultas Teknik / Universitas Udayana
Mata Kuliah : Pemrograman Berorientasi Object
Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, S.T., M.T.


Pewarisan (inheritance) adalah penurunan sifat yang ada pada suatu kelas kepada kelas baru yang menjadi turunannya. Pewarisan adalah keuntungan besar dalam pemrograman berbasis object karena suatu sifat atau method didefinisikan dalam superclass, sifat ini secara otomatis diwariskan dari semua subclasses. Jadi, Anda dapat menuliskan kode method hanya sekali dan mereka dapat digunakan oleh semua subclass. Subclass hanya perlu mengimplementasikan perbedaannya sendiri dan induknya.
Berikut contohnya :

1.    Superclass : 
Pertama buat program seperti dibawah ini dengan nama Person.java. Program ini adalah program
yang nantinya akan diwariskan. 


Pada program diatas class Person atribut name dan address dideklarasikan sebagai protected. Ini berfungsi untuk mengijinkan atribut-atribut tersebut dapat diakses oleh subclass. Jika kita mendeklarasikan sebagai private, maka subclass tidak bisa menggunakannya. Di bawahnya terdapat sebuah member yaitu name yang bertipe data String untuk menyimpan nama dari Person. Di samping itu terdapat dua Constructor yang pertama tanpa parameter [public Person()] dan yang ke dua Constructor dengan satu parameter yaitu parameter nama [public Person(String name)] yang digunakan untuk men-set variabel name pada saat pertama kali mendeklarasikan Obyek dengan tipe Class Person.
Pada Program diatas bagian method terdapat Method public void setName(String name) yang digunakan untuk menentukan Variabel name. Kemudia terdapat Method public String getName() yang dii gunakan untuk mengembalikan nilai variabel name.Di sana juga terdapt statement this seperti this.name = name dan this.address = add yang berarti nilai yang akan diinput adalah objek yang akan ditunjuk.

           
2.    Subclass :
Setelah membuat program superclass Person,java, buat program dengan nama Student.java. Program ini berfungsi untuk mewariskan semua properti dan method dari setiap class Person yang ada. Buat file baru bernama Student.java.

Output dari program tersebut adalah :



Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Blogger templates