Posted by : Noacto Selasa, 07 April 2015

Nama/NIM : Ida Bagus Gde Dwipermana Sidhi / 1404505044 
Jurusan/Fakultas/Perguruan Tinggi : Jurusan Teknologi Informasi / Fakultas Teknik /Universitas Udayana 
Mata Kuliah : Pemrograman Berorientasi Objek
Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, S.T., M.T.

Pada artikel ini saya akan berbagi ilmu tentang pemrograman GUI pada java. GUI ( Graphic User Interface ) merupakan pemrograman dengan bahasa Java yang dibuat menggunakan aplikasi yang berbasiskan grafis. Dalam belajar pemrograman GUI ini saya mencoba untuk mengganti title bar pada aplikasi yang nantinya kita bisa beri nama sesuai keinginan kita. 


Berikut adalah koding program tersebut.

import javax.swing.*; 

import java.awt.*; 

import java.awt.event.*; 

public class helloWorld extends JFrame {
    helloWorld(String title) { 
        this.setSize(700,500); 
        setTitle(title); 
    }

    public static void main(String[] args) {
       helloWorld window = new helloWorld("Coba TES Java");
       window.setVisible(true);
       window.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE); 
    }
    
 
}

Baris Awal merupakan pemanggilan class package swing dan awt. Swing (Standart Widget Toolkit) dan AWT (Abstract Windows Toolkit) merupakan paket yang telah ada dalam Java yang dapat digunakan untuk merancang GUI. Tanda '*' pada akhir import berarti memilih semua yang termasuk didalamnya.

Baris Public class helloWorld extends JFrame Baris perintah tersebut digunakan untuk mendeklarasikan kelas baru dengan nama helloWorld yang merupakan turunan dari kelas JFrame. Baris helloWorld(string title) digunakan untuk mendeklarasikan variabel title. Metode setSize(700, 500) merupakan metode yang terdapat dalam class JFrame untuk menentukan ukuran Window aplikasi GUI yang diset 700 sebagai panjang dam 500 sebagai lebar dalam koding diatas. Baris setTitle(title) merupakan metode dari class JFrame yang berfungsi untuk mengganti nama dari title bar. 

Pada Main program pertama terdapat inisialisasi class helloWorld dan mengisi variabel title dengan "Coba TES Java" yang nantinya akan menjadi nama dari title bar GUI. Metode setVisible(true) merupakan metode yang diwariskan dari kelas java.awt. Metode ini digunakan untuk memunculkan atau menyembunyikan window. Argumen yang dapat dimasukkan adalah true atau false. Metode setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE) digunakan untuk menangani kejadian saat tanda silang di pojok kanan atas pada window diklik. Ada beberapa konstanta dari kelas WindowConstants yang dapat digunakan sesuai dengan yang diinginkan.

Berikut ini adalah Output dari koding diatas 
Output
Dapat terlihat output yang keluar merupakan aplikasi berbentuk GUI dan pada title bar namanya sesuai dengan yang tadi ditentukan dalam koding yang berarti koding tersebut telah berhasil.
Sekian penjelasan tentang pemrograman gui dalam mengganti Title Bar, semoga dapat dimengerti dan dapat membantu. 

Sumber : 
http://bisabisa-aja.blogspot.com/2012/05/java-gui-awt-swing.html
http://umarfaisol.blogspot.com/2008/09/pemrograman-gui-pada-java-bagian-2.html

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Blogger templates