Posted by : Noacto Selasa, 17 Maret 2015

Nama/NIM : Ida Bagus Gde Dwipermana Sidhi / 1404505044
Jurusan/Fakultas/Perguruan Tinggi : Jurusan Teknologi Informasi / Fakultas Teknik /Universitas UdayanaMata Kuliah : Pemrograman Berorientasi Objek
Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, S.T., M.T.


Berikut ini merupakan contoh program sederhana yang menampilkan 2 Kelas Utama Mamalia dan Kelas Reptil. Program ini merupakan contoh penggunaan pewarisan. Pewarisan (inheritance) adalah penurunan sifat yang ada pada suatu kelas kepada kelas baru yang menjadi turunannya.

Berikut ini adalah Kodingnya

// kelas Mamalia
//super kelas untuk kelas anak : Sapi, Kucing, Anjing. 
class Mamalia {
 String Nama;
 String Keterangan;
 
 //konstruktor
 public Mamalia (String nama, String keterangan){
  Nama = nama;
  Keterangan = keterangan;
 }
 //methode
 public void TampilkanRincian(){
  System.out.println("Nama Mamalia = " +Nama);
  System.out.println("Keterangan = " +Keterangan);
 }
}

//kelas Sapi
//Turunan dari kelas Mamalia, menggunakan "extends" dan "super"
class Sapi extends Mamalia {
 //konstruktor
 public Sapi (String nama, String keterangan) {
  super (nama, keterangan);
 }
 
 //methode
 public void TampilkanRincian(){
  System.out.println("Nama Mamalia = " +Nama);
  System.out.println("Keterangan = " +Keterangan);
 }
}

//kelas Kucing
//Turunan dari kelas Mamalia, menggunakan "extends" dan "super"
class Kucing extends Mamalia {
 //konstruktor
 public Kucing (String nama, String keterangan) {
  super (nama, keterangan);
 }
 
 //methode
 public void TampilkanRincian(){
  System.out.println("Nama Mamalia = " +Nama);
  System.out.println("Keterangan = " +Keterangan);
 }
}

//kelas Anjing
//Turunan dari kelas Mamalia, menggunakan "extends" dan "super"
class Anjing extends Mamalia {
 //konstruktor
 public Anjing (String nama, String keterangan) {
  super (nama, keterangan);
 }
 
 //methode
 public void TampilkanRincian(){
  System.out.println("Nama Mamalia = " +Nama);
  System.out.println("Keterangan = " +Keterangan);
 }
}

//kelas ShibaInu
//Turunan dari kelas Anjing, menggunakan "extends" dan "super"
class ShibaInu extends Anjing {
 String Negara;
 String Warna;
 
 //konstruktor
 public ShibaInu (String nama, String keterangan,String warna,
 String negara) {
  super (nama, keterangan);
  Negara = negara;
  Warna = warna;
 }
 
 //methode
 public void TampilkanRincian(){
  System.out.println("Nama Mamalia = " +Nama);
  System.out.println("Keterangan = " +Keterangan);
  System.out.println("Warna = " +Warna);
  System.out.println("Negara Asal = " +Negara);
 }
}

//kelas SiberianHusky
//Turunan dari kelas Anjing, menggunakan "extends" dan "super"
class SiberianHusky extends Anjing {
 String Negara;
 String Warna;
 
 //konstruktor
 public SiberianHusky (String nama, String keterangan,String warna,
 String negara) {
  super (nama, keterangan);
  Negara = negara;
  Warna = warna;
 }
 
 //methode
 public void TampilkanRincian(){
  System.out.println("Nama Mamalia = " +Nama);
  System.out.println("Keterangan = " +Keterangan);
  System.out.println("Warna = " +Warna);
  System.out.println("Negara Asal = " +Negara);
 }
}

//kelas GermanShepherd
//Turunan dari kelas Anjing, menggunakan "extends" dan "super"
class GermanShepherd extends Anjing {
 String Negara;
 String Warna;
 
 //konstruktor
 public GermanShepherd (String nama, String keterangan,String warna,
 String negara) {
  super (nama, keterangan);
  Negara = negara;
  Warna = warna;
 }
 
 //methode
 public void TampilkanRincian(){
  System.out.println("Nama Mamalia = " +Nama);
  System.out.println("Keterangan = " +Keterangan);
  System.out.println("Warna = " +Warna);
  System.out.println("Negara Asal = " +Negara);
 }
}

// kelas Reptil
//super kelas untuk kelas anak : Ular, Buaya, Cicak. 
class Reptil {
 String Nama;
 String Keterangan;
 
 //konstruktor
 public Reptil (String nama, String keterangan){
  Nama = nama;
  Keterangan = keterangan;
 }
 //methode
 public void TampilkanRincian(){
  System.out.println("Nama Reptil = " +Nama);
  System.out.println("Keterangan = " +Keterangan);
 }
}

//kelas Ular
//Turunan dari kelas Reptil, menggunakan "extends" dan "super"
class Ular extends Reptil {
 //konstruktor
 public Ular (String nama, String keterangan) {
  super (nama, keterangan);
 }
 
 //methode
 public void TampilkanRincian(){
  System.out.println("Nama Reptil = " +Nama);
  System.out.println("Keterangan = " +Keterangan);
 }
}

//kelas Buaya
//Turunan dari kelas Reptil, menggunakan "extends" dan "super"
class Buaya extends Reptil {
 //konstruktor
 public Buaya (String nama, String keterangan) {
  super (nama, keterangan);
 }
 
 //methode
 public void TampilkanRincian(){
  System.out.println("Nama Reptil = " +Nama);
  System.out.println("Keterangan = " +Keterangan);
 }
}

//kelas Cicak
//Turunan dari kelas Reptil, menggunakan "extends" dan "super"
class Cicak extends Reptil {
 //konstruktor
 public Cicak (String nama, String keterangan) {
  super (nama, keterangan);
 }
 
 //methode
 public void TampilkanRincian(){
  System.out.println("Nama Reptil = " +Nama);
  System.out.println("Keterangan = " +Keterangan);
 }
}

//kelas Kobra
//Turunan dari kelas Ular, menggunakan "extends" dan "super"
class Kobra extends Ular {
 //konstruktor
 public Kobra (String nama, String keterangan) {
  super (nama, keterangan);
 }
 
 //methode
 public void TampilkanRincian(){
  System.out.println("Nama Reptil = " +Nama);
  System.out.println("Keterangan = " +Keterangan);
 }
}

//kelas Python
//Turunan dari kelas Ular, menggunakan "extends" dan "super"
class Python extends Ular {
 //konstruktor
 public Python (String nama, String keterangan) {
  super (nama, keterangan);
 }
 
 //methode
 public void TampilkanRincian(){
  System.out.println("Nama Reptil = " +Nama);
  System.out.println("Keterangan = " +Keterangan);
 }
}

//Kelas utama
public class Binatang {
 
 public static void main (String args[]) {
  
  //instansiasi kelas 
  //menggunakan "new" 
  System.out.println("Berikut daftar binatang beserta salah satu turunannya :");
  System.out.println("");
  Sapi sapi = new Sapi("Sapi","Hewan Ternak");
  Kucing kucing = new Kucing("Kucing","Hewan Peliharaan");
  Anjing anjing = new Anjing("Anjing",
  "Hewan Peliharaan yang juga bisa membantu manusia dalam pekerjaan");
  ShibaInu shiba = new ShibaInu("Shiba Inu","Anjing yang setia",
  "Coklat Kekuningan, Hitam & kecoklatan, Hitam kekuningan","Jepang");
  SiberianHusky husky = new SiberianHusky("Siberian Husky",
  "Anjing tangguh, aktif, efisien dan penuh energik ",
  "Hitam, Merah, Hitam & Putih, Hitam & kecokelatan, belang-belang","Rusia");
  GermanShepherd german = new GermanShepherd("German Shepherd",
  "Anjing yang Pintar, Berani dan Setia",
  "Hitam, Abu-abu, Biru, Putih, Hitam & Tan, Sable, Merah & Hitam","Jerman");
  Ular ular = new Ular("Ular",
  "Hewan Berbahaya, yang bisa membunuh dengan melilit atau dengan bisa");
  Buaya buaya = new Buaya("Buaya",
  "Hewan Berbahaya yang sering terdapat di pinggir sungai atau danau");
  Cicak cicak = new Cicak("Cicak",
  "Hewan yang merayap di dindin atau pohon");
  Kobra kobra = new Kobra("Kobra",
  "Jenis dari ular yang memiliki bisa yang mematikan");
  Python python = new Python("Python",
  "Jenis dari ular yang membunuh mangsanya dengan cara melilitnya");
     
  //Pemanggilan konstruktor masing - masing
  sapi.TampilkanRincian();
  System.out.println(""); 
  kucing.TampilkanRincian();
  System.out.println(""); 
  anjing.TampilkanRincian();
  System.out.println(""); 
  shiba.TampilkanRincian();
  System.out.println(""); 
  husky.TampilkanRincian();
  System.out.println(""); 
  german.TampilkanRincian();
  System.out.println(""); 
  ular.TampilkanRincian();
  System.out.println("");
  buaya.TampilkanRincian();
  System.out.println("");
  cicak.TampilkanRincian();
  System.out.println("");
  kobra.TampilkanRincian();
  System.out.println("");
  python.TampilkanRincian();
  System.out.println(""); 
 }
}


Berikut ini adalah Gambar beserta penjelasan dari program :

Pada Program ini terdapat dua Class utama yaitu Mamalia dan Reptil. Pada Gambar diatas ini merupakan Class Mamalia yang merupakan Super kelas untuk kelas anak Sapi, Kucing, Anjing. Pada baris awal terdapat Member yaitu String Nama dan Keterangan. Baris selanjutnya merupakan konstrukor, Public dipakai agar class lain dapat mengaksesnya. [public Mamalia(String name, String keterangan)] digunakan untuk men-set variabel name dan keterangan pada saat pertama kali mendeklarasikan Obyek dengan tipe Class Mamalia. Kemudian paling bawah yaitu methode [public void TampilkanRincian()] digunakan untuk menampilkan nama dan keterangan yang diinputkan.
 Class Sapi adalah sub class dari Class Mamalia. Class ini merupakan pewarisan dari class mamalia. super(nama,keterangan) pada konstruktor tersebut digunakan untuk mewariskan member nama dan keterangan yang terdapat dalam Class Mamalia.
Sama seperti Class Sapi, Class Kucing dan Class Anjing adalah sub class dari Class Mamalia. Dengan super(nama,keterangan) pada konstruktor Class Kucing dan Class Anjing ini mewariskan member nama dan keterangan yang terdapat dalam Class Mamalia.
Class ShibaInu adalah sub class dari Class Anjing. Class ini mendapat pewarisan dari Class Anjing yang sebelumnya juga menerima pewarisan nama dan keterangan dari Class Mamalia. super(nama,keterangan) pada konstruktor tersebut digunakan untuk mewariskan member nama dan keterangan yang terdapat dalam Class Mamalia melalui Class Anjing. Selain mendapat pewarisan dari Class Anjing, Class ini juga memiliki member Negara dan Warna.
Sama seperti Class ShibaInu, Class SiberianHusky dan GermanShepherd adalah sub class dari Class Anjing. Class ini mendapat pewarisan dari Class Anjing yang sebelumnya juga menerima pewarisan nama dan keterangan dari Class Mamalia. super(nama,keterangan) pada konstruktor tersebut digunakan untuk mewariskan member nama dan keterangan yang terdapat dalam Class Mamalia melalui Class Anjing. Selain mendapat pewarisan dari Class Anjing, Class ini juga memiliki member Negara dan Warna.
Class Reptil merupakan Class Utama. Class Reptil ini adalah super class dari Class Ular, Buaya, Cicak. Pada baris awal terdapat Member yaitu String Nama dan Keterangan. Baris selanjutnya merupakan konstrukor, Public dipakai agar class lain dapat mengaksesnya. [public Reptil(String name, String keterangan)] digunakan untuk men-set variabel name dan keterangan pada saat pertama kali mendeklarasikan Obyek dengan tipe Class Reptil. Kemudian paling bawah yaitu methode [public void TampilkanRincian()] digunakan untuk menampilkan nama dan keterangan yang diinputkan.
Class Ular adalah sub class. Class ini mendapat pewarisan dari class Reptil. Menuliskan super(nama,keterangan) pada konstruktor digunakan untuk mewariskan member nama dan keterangan yang terdapat dalam Class Reptil.
Sama seperti Class Ular, Class Buaya dan Class Cicak adalah sub class yang mendapat pewarisan nama dan keterangan dari Class Reptil. Dengan menuliskan super(nama,keterangan) pada konstruktor Class Buaya dan Class Cicak ini mewariskan member nama dan keterangan yang terdapat dalam Class Reptil.
Class Kobra adalah sub class, Turunan dari Class Ular. Class ini mendapat pewarisan nama dan keterangan dari Class Ular yang sebelumnya juga menerima pewarisan nama dan keterangan dari Class Reptil.Menuliskan super(nama,keterangan) pada konstruktor tersebut digunakan untuk mewariskan member nama dan keterangan yang terdapat dalam Class Reptil melalui Class Ular.
Sama Class Kobra, Class Python adalah Turunan dari Class Ular. Class ini mendapat pewarisan nama dan keterangan dari Class Ular yang sebelumnya juga menerima pewarisan nama dan keterangan dari Class Reptil.Menuliskan super(nama,keterangan) pada konstruktor tersebut digunakan untuk mewariskan member nama dan keterangan yang terdapat dalam Class Reptil melalui Class Ular.
Pada Gambar di atas ini adalah Main Class yaitu Class Binatang. Pertama kita melakukan instalisasi class menggunakan "new". Sapi sapi = new Sapi("Sapi","Hewan Ternak"); dalam kurung ini merupakan input untuk member nama dan keterangan. Begitu juga dengan ShibaInu shiba = new ShibaInu("Shiba Inu","Anjing yang setia","Coklat Kekuningan, Hitam & kecoklatan, Hitam kekuningan","Jepang"); dalam kurung di sini merupakan inputan untuk nama, keterangan, warna dan negara.
Setelah semua Class di instalisasi selanjutnya adalah pemanggilan konstruktor masing - masing dengan cara menuliskan sapi.TampilkanRincian(); dan sapi.TampilkanRincian(); dan System.out.println(""); digunakan untuk memberikan spasi satu line.


Berikut ini adalah Output atau Hasil dari Program :

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Blogger templates