Membuat Program Pewarisan pada Java
Nama/NIM : Ida Bagus Gde Dwipermana Sidhi / 1404505044
Jurusan/Fakultas/Perguruan Tinggi : Jurusan Teknologi Informasi / Fakultas Teknik / Universitas Udayana
Mata Kuliah : Pemrograman Berorientasi Object
Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, S.T., M.T.
Jurusan/Fakultas/Perguruan Tinggi : Jurusan Teknologi Informasi / Fakultas Teknik / Universitas Udayana
Mata Kuliah : Pemrograman Berorientasi Object
Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, S.T., M.T.
Pewarisan (inheritance)
adalah penurunan sifat yang ada pada suatu kelas kepada kelas baru yang menjadi
turunannya. Pewarisan adalah keuntungan besar dalam pemrograman berbasis object
karena suatu sifat atau method didefinisikan dalam superclass, sifat ini secara
otomatis diwariskan dari semua subclasses. Jadi, Anda dapat menuliskan kode
method hanya sekali dan mereka dapat digunakan oleh semua subclass. Subclass
hanya perlu mengimplementasikan perbedaannya sendiri dan induknya.
Berikut contohnya :
1. Superclass :
Pada program diatas class
Person atribut name dan address dideklarasikan sebagai protected. Ini berfungsi
untuk mengijinkan atribut-atribut tersebut dapat diakses oleh subclass. Jika
kita mendeklarasikan sebagai private, maka subclass tidak bisa menggunakannya. Di
bawahnya terdapat sebuah member yaitu name yang bertipe data String untuk
menyimpan nama dari Person. Di samping itu terdapat dua Constructor yang
pertama tanpa parameter [public Person()] dan yang ke dua Constructor dengan
satu parameter yaitu parameter nama [public Person(String name)] yang digunakan
untuk men-set variabel name pada saat pertama kali mendeklarasikan Obyek dengan
tipe Class Person.
Pada Program diatas
bagian method terdapat Method public void setName(String name) yang digunakan
untuk menentukan Variabel name. Kemudia terdapat Method public String
getName() yang dii gunakan untuk mengembalikan nilai variabel name.Di sana juga
terdapt statement this seperti this.name = name dan this.address = add
yang berarti nilai yang akan diinput adalah objek yang akan ditunjuk.
Setelah membuat
program superclass Person,java, buat program dengan nama Student.java. Program
ini berfungsi untuk mewariskan semua properti dan method dari setiap class
Person yang ada. Buat file baru bernama Student.java.
Menampilkan "Hello, How Are You ?" pada Java
Nama/NIM : Ida Bagus Gde Dwipermana Sidhi / 1404505044
Jurusan/Fakultas/Perguruan Tinggi : Jurusan Teknologi Informasi / Fakultas Teknik / Universitas Udayana
Mata Kuliah : Pemrograman Berorientasi Object
Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, S.T., M.T.
Dasar
pemrograman Java membuat program untuk menampilkan kata. Dalam artikel ini saya
akan membahas tentang pemrograman java untuk menampilkan tulisan, misall “Hello,
How Are You ?”. Program seperti ini biasanya untuk memperkenalkan bagaimana
bahasa pemrograman java tersebut. Berikut adalah program untuk menampilkan
tulisan “Hello, How Are You ?” :
Seperti yang terlihat pada gambar diatas, pertama kita harus membuat class. Di sana saya membuat class bernama Hello, jadi nama file ini juga harus bernama Hello.java karena dalam pemrograman java nama harus sama dengan nama class. Kemudian selanjutnya public static void main adalah sebuah method dengan nama main, method ini merupakan method utama untuk menjalan kan program. Pada baris selanjutnya baris 5 terdapat System.Out.println berfungsi untuk menampilkan sesuatu seperti angka, karakter, kata atau kalimat, karena kita mengisi "Hello, How Are You ?" makan kalimat tersebut nanti akan di tampilkan. Sehingga output program akan seperti gambar di bawah ini.
Tutorial Install Ubuntu
Nama/NIM : Ida Bagus Gde Dwipermana Sidhi / 1404505044
Jurusan/Fakultas/Perguruan Tinggi : Jurusan Teknologi Informasi / Fakultas Teknik / Universitas Udayana
Mata Kuliah : Pemrograman Berorientasi Object
Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, S.T., M.T.
Ubuntu merupakan Operating System yang dapat di download secara gratis. Cara menginstall Ubuntu, sebelumnya kita harus mendownload file .iso ubuntu di website ini http://www.ubuntu.com/download. Setelah mempunyai file tersebut kita bisa membuat installasi ubuntu pada CD atau USB. Untuk memakai USB dapat memakai sebuah aplikasi yang membuat USB bootable. Program tersebut dapat didownload di sini http://unetbootin.sourceforge.net/
Jika semuanya sudah siap, berikut langkah-langkah installasinya :
- Langkah pertama masukan installer anda, kemudian arahkan boot ke media Installer tersebut, tunggu sampai keluar menu seperti dibawah ini :
Keterangan : Try Ubuntu : Mencoba Linux Ubuntu 14.04 LTS tanpa harus Install, sedangkan Install Ubuntuadalah untuk memasang permanen Linux Ubuntu 14.04 LTS pada harddisk anda. Untuk kali ini karena kita mau Install ubuntu secara permanen maka gunakan pilih Install Ubuntu dan Pilih Jenis Bahasa, pada langkah ini menggunakan Bahasa Inggris.
- Menu dibawah ini adalah proses persiapan Installasi pada ubuntu, proses ini akan memeriksa semua periperal yang ada pada komputer/laptop anda, Pada langkah ini anda juga bisa memilih Download Update While Installing, yaitu pilihan untuk mendownload paket terbaru yang ada pada Ubuntu sama halnya dengan Install this third party software pilihan ini akan mendownload paket-paket yang berhubungan dengan multimedia seperti mpeg, mp3 dan lain sebagainya, semua pilihan ini bisa anda jalankan kalau terkoneksi dengan jaringan internet. Jika yakin pada pilihan anda klik Continue untuk melanjutkan.
- Pada menu Installation Type pertama, anda akan disajikan dengan berbagai menu pilihan diantaranya : Erase Disk anda Install Ubuntu yang berfungsi untuk menghapus seluruh data yang ada di Harddisk dan menggantikannya dengan partisi baru untuk Linux Ubuntu 14.04 LTS langkah ini akan mempersingkat waktu anda, jika pilihan ini dipilih maka langkah selanjutnya adalah lompat ke langkah 13, cukup singkat dan tidak menguras banyak waktu bukan. Untuk Pilihan Something Else digunakan jika anda akan menginstall DUAL BOOT atau di Harddisk anda terdapat Data Penting dalam partisi Harddisk anda, maka gunakan pilihan yang ini, begitupun dengan Installasi kali ini akan menggunakan menu Something Else, klik Continue untuk melanjutkan.
- Pada menu menu, jika harddisk anda terdeteksi baru, belum di partisi sebelumnya maka akan nampak seperti tampilan dibawah ini, untuk membuat partisi tabel partisi baru klik New Partition Table.
- Jika ada peringatan, Klik Continue untuk melanjutkan prosesnya.
- Jika tabel partisi sudah dibuat langkah selanjutnya adalah membuat type-type partisi yang akan digunakan oleh Ubuntu, Linux Ubuntu hanya memerlukan 2 Type partisi yang digunakan yaitu root:"/" sama swaparea. untuk membuat type partisi langkah pertama yaitu klik Menu + pada menu sebelah kiri bawah.
- Untuk membuat Type partisi yang pertama, tentukan ukuran yang digunakan sebagai sistemnya, misal 7GB dari 8GB kapasitas Total harddisk, Gunakan Primary, dan letakan di Beginning of this space, pada Use as pilih Ext4 Journaling file system, pada Mount point pilih root "/". kemudian klik OK.
- Langkah kedua, yaitu membuat type area swap dari sisa kapasitas harddisk yang digunakan, swap berfungsi sebagai RAM cadangan ketika RAM utama overload, maka untuk mencegah overload tersebut maka digunakanlah areaswap ini. Untuk membuatnya silakan klik Free Space, kemudian klik lagi tombol +.
- Untuk ukuran gunakan saja semuanya, dan yang terpenting adalah memilih swap area pada use as, kemudian klik OK.
- Jika semua sudah dibuat, maka akan terlihat seperti tampilan dibawah ini, perhatikan partisi yang akan diformat akan diberi tanda ceklist pada menu format ini, biarkan saja ceklist ini ada, untuk melanjutkan klik Install Now.
- Plih posisi negara dengan cara klik pada peta yang telah disediakan, kemudian klik Continue untuk melanjutkan.
- Pilih jenis keyboard yang ada pakai, biasanya pada menu ini sering kita lewati karena linux ubuntu akan otomatis mendeteksi jenis keyboard yang anda pakai, klik Continue untuk melanjutkan.
- Pada menu ini, isikan semua informasi tentang Anda, dari nama pemakai, nama komputer, username, password, jika sudah selesai klik Continue untuk melanjutkan.
- Tunggu, proses installasi sedang berjalan..
- Jika proses installasi sudah selesai, maka akan meuncul peringatan bahwa proses installasi telah selesai dilakukan, Klik Restart Now untuk melihat hasil installasi yang dilakukan tadi. dan jangan lupa untuk melepas media installer tersebut ketika komputer dalam keadaan Restart.
- Pada menu Login, masukan password yang anda isikan pada langkah no. 13.
- Inilah tampilan Ubuntu 14.04 hasil installasi diatas.
Selamat anda telah berhasil menginstall Ubuntu 14.04 LTS, semoga dapat membantu.
Apa itu Java, Class, Pewarisan, dan Pembungkusan ?
Nama/NIM : Ida Bagus Gde Dwipermana Sidhi / 1404505044
Jurusan/Fakultas/Perguruan Tinggi : Jurusan Teknologi Informasi / Fakultas Teknik / Universitas Udayana
Mata Kuliah : Pemrograman Berorientasi Object
Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, S.T., M.T.
Jurusan/Fakultas/Perguruan Tinggi : Jurusan Teknologi Informasi / Fakultas Teknik / Universitas Udayana
Mata Kuliah : Pemrograman Berorientasi Object
Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, S.T., M.T.
Apa itu Java, Class, Pewarisan, dan Pembungkusan ?
Java
Java
adalah sebuah bahasa pemrograman pada komputer sama seperti pendahulunya C++. Bahasa pemrograman
ini dikembangkan oleh Sun microsystems yang dikembangkan pada tahun 1995.
Awalnya java diciptakan pada tahun 1991 oleh Patrick Naughton, Mike Sheridan,
James Gosling dan Bill Joy beserta programer dari Sun Microsystems. Uniknya
nama java diambil dari nama pulau jawa (bahasa inggris dari jawa) karena James
Gosling "Bapak Java " menyukai kopi tubruk yang berasal dari pulau
Jawa. Jadi kita perlu berbangga menjadi warga negara Indonesia.
Java sendiri merupakan bahasa pemrograman yang berbasis objek, maksudnya adalah semua aspek yang terdapat pada java adalah objek sehingga sangat memudahkan untuk mendesain, membuat dan mengembangkan program java dengan cepat. Kelebihan ini membuat program java menjadi mudah untuk digunakan oleh banyak orang. Bahasa pemrograman ini juga dapat digunakan oleh banyak sistem operasi , seperti : Microsoft Windows, Linux, Mac OS, dan Sun Solaris (Multiplatform).
Class
Program-program yang ditulis menggunakan Java
selalu menggunakan kelas-kelas (class) yang mencerminkan objek-objek (object)
yang sesungguhnya hadir di dunia nyata. Hal ini berarti saat kita akan membuat
program menggunakan bahasa pemograman Java, kita harus mempertimbangkan
objek-objek apa saja yang semestinya hadir dalam program kita dan bukannya
semua objek yang ada di dunia nyata, dimana proses ini sering disebut sebagai
abstraksi, suatu kelas pada umumnya memiliki data/atribut yang berfungsi untuk
mendeskripsikan (menerangkan) kelas yang bersangkutan, dan juga pada umumnya
memiliki metode/fungsi yang menjelaskan apa yang akan/bisa dilakukan oleh kelas
yang bersangkutan.
Kelas merupakan konsep pokok di bahasa
pemograman berorientasi object, demikian juga di Java. Kelas merupakan bentuk
logis yang menjadi landasan bangun seluruh bahasa pemograman berorientasi
object. Kelas mendefinisikan bentuk dan perilaku object. Kelas sungguh sangat
penting di Java. Sembarang konsep/abstraksi yang diimplementasikan di Java
harus di kapsulkan di kelas.
Berikut ini
adalah kegunaan kelas :
- Mengelompokkan object-object menjadi kelas-kelas
berarti mengabstraksikan persoalan yang dihadapi. Abstraksi memberi daya
keampuhan pemodelan dan memberikan kemampuan generalisasi beberapa kasus
spesifik menjadi induk kasus- kasus yang serupa.
- Definisi-definisi common (seperti nama kelas dan
atribut) cukup disimpan sekali per kelas bukan sekali per instan kelas
(object). Operasi-operasi dapat ditulis sekali per kelas. Semua object dalam
kelas mendapat manfaat penggunaan kembali (reuse) kode itu.
Class Body merupakan bagian dari kelas yang
mendeklarasikan kode-kode program (program codes) Java. Class Body bisa
dibedakan menjadi tiga bagian utama dari sebuah kelas sebagai behavior dari kelas
dan object. Tiga bagian utama yang dimaksud adalah :
1.Konstruktor (constructor) digunakan untuk
instansiasi object.
2.Variabel (variable) menyatakan atau sebagai
keadaan (state) dari kelas dan objek.
3.Metode (method) berupa fungsi-fungsi (functions)
atau prosedur-prosedur
Pewarisan
Pewarisan (Inheritance) merupakan sifat dalam bahasa
berorientasi objek yang memungkinkan sifat-sifat dari suatu kelas diturunkan ke
kelas lain. Sistem OOP memungkinkan kita untuk mendefinisikan suatu kelas baru
dengan mewarisi sifat dari kelas lain yang sudah ada. Penurunan sifat ini bisa
dilakukan dilakukan secara bertingkat-tingkat, sehingga semakin ke bawah maka
kelas tersebut semakin spesifik.
Dalam pewarisan memberikan atau mewariskan sesuatu kepada
keturunan berikutnya. misalnya, seorang anak pasti akan mewarisi beberapa sifat
atau perilaku yang dimiliki oleh ibu/bapaknya. dalam konteks ini, suatu kelas
dalam program dapat diturunkan menjadi kelas-kelas baru lainnya yang akan
mewarisi beberapa sifat atau perilaku dari kelas induknya. sebagai contoh,
apabila anda memiliki kelas A dalam program yang anda buat maka anda dapat
membentuk kelas-kelas turunan dari kelas A tersebut(Misalnya, kelas B) yang
mewarisi sifat-sifat yang terkandung dalam kelas A. dalam proses pembuatan kelas
turunan tersebut, Anda dapat menambahkan sifat dan perilaku baru ke dalam kelas
B, yang sebelumnya tidak dimiliki dalam kelas A. Dalam terminologi java, kelas
induk dinamakan dengan superclass dankelas turunan dinamakan dengan
subclass. untuk membuat kelas anak atau kelas turunan berdasarkan class
yang ada, anda dapat menggunakan kata kunci extends.
Pembungkusan
Pembungkusan (Enkapsulasi) adalah pembungkus,
pembungkus disini dimaksudkan untuk menjaga suatu proses program agar tidak
dapat diakses secara sembarangan atau di intervensi oleh program lain. Konsep
enkapsulasi sangat penting dilakukan untuk menjaga kebutuhan program agar dapat
diakses sewaktu-waktu, sekaligus menjaga program tersebut.
Dalam kehidupan
sehari hari enkapsulasi dapat dimisalkan sebagai arus listrik pada generator,
dan sistem perputaran generator untuk menghasilkan arus listrik. Kerja arus
listrik tidak mempengaruhi kerja dari sistem perputaran generator, begitu pula
sebaliknya. Karena didalam arus listrik tersebut, kita tidak perlu mengetahui
bagaimana kinerja sistem perputaran generator, apakah generator berputar
kebelakang atau ke depan atau bahkan serong. Begitu pula dalam sistem
perputaran generator, kita tidak perlu tahu bagaimana arus listrik, apakah
menyala atau tidak.
Begitulah konsep
kerja dari enkapsulasi, dia akan melindungi sebuah program dari akses ataupun
intervensi dari program lain yang mempengaruhinya. Hal ini sangat menjaga
keutuhan program yang telah dibuat dengan konsep dan rencana yang sudah
ditentukan dari awal.
Sumber
Tonino Lamborghini 88 Tauri, Smartphone Mewah seharga Rp 74 juta
ROMA -Pasar smartphone mewah untuk kalangan atas yang tidak hanya menginginkan sebuah smartphone dengan kemampuan tinggi untuk alat komunikasi tapi juga sebagai ajang pamer bagi mereka karena perangkat ini memiliki gengsi yang tinggi. Pasar smartphone mewah kali ini mendapatkan pendatang baru, pendatang baru tersebut dari produsen mobil mewah Lamborghini yang meluncurkan sebuah smartphone mewahnya
yaitu Tonino Lamborghini 88 Tauri. Tampil sangat mewah tidak seperti smartphone biasa. Mumpunya bahan bodi dari logam yang dibalut kulit asli.
Smartphone yang dibanderol USD6000 atau sekitar Rp74 juta ini mempunyai spesifikasi sedikit diatas smartphone high end. Pihak Lamborghini hanya membuat 1947 unit saja, seperti dilansir dari Slashgear, Selasa (9/12/2014). Angka ini diambil dari kelahiran dari Tonino Lamborghini yang merupakan anak dari Ferruccio Lamborgini.

Tonino Lamborghini 88 Tauri hadir dengan 4 warna berbeda yaitu hitam, merah, jingga, dan biru. Tonino Lamborghini 88 menggunakan layar 5 inci berlapis Gorilla Glass 3 serta Oleophobic. Layar tersebut mendukung 10 titik sentuhan. Mengambil istilah kebiasaan Lamborghini, dapurpacunya disematkan prosesor quad core Snapdragon 801 berkecepatan 2,3GHz yang dibarengi oleh RAM sebesar 3GB.
Mempunyai dual SIM card yang keduanya didukung konektivitas LTE. Pada bagian belakang terdapat kamera utama 20MP dengan dual LED flash. Sementara di depan, terdapat kamera 8MP. Kapasitas baterai cukup besar yaitu 3400 mAh. Sistem operasionalnya menggunakan OS Android Kitkat 4.4.4
Squares & Dots Game puzzel baru
Game puzzel sangat banyak terdapat di Android yang bisa di unduh gratis melalui Play Store. Squares & Dots adalah game puzzel dengan memecahkan puzzel berupa mencocokkan kotak dan titik sesuai warnanya tapi dalam menggerakkannya hanya dapat satu arah saja. Dalam level yang berbeda terdapat juga tempat untuk mengganti arah dari kotak tersebut yang membuat puzzel tersebut lebih susah dan lebih menarik. Saat ini Square & Dots sudah terdapat 30 level dengan tingkat kesusahan yang berbeda - beda.
Tertarik untuk memainkannya ? bisa di unduh langsung di Play Store.
Musixmatch - Music Lyrics Player Terbaik
Musixmatch adalah aplikasi pemutar musik yang bisa menampilkan lirik lagu yang kita putar sesuai data yang mereka miliki. Musixmatch sendiri terdapat di android, windows phone, apple, dan Desktop PC.Musixmatch memiliki keunggulan diantara aplikasi sejenis, di musixmatch kita bisa memasukkan lirik, mensinkronisasikan lirik dengan lagu, dan mencari lagu dan lirik lagu dengan menggunakan fitur MusicID.Memasukkan lirik lagu di musixmatch berbeda dari aplikasi musik lain, jika menggunakan musixmatch kita dapat memasukkan lirik dari lagu jika sudah terdaftar dalam database. Untuk mengisi lirik lagu yang kita inginkan kita hanya perlu mendaftar ke www.musixmatch.com, kita bisa menggunakan akun facebook atau google+ jika tidak ingin membuat akun musixmatch.
Di atas ini adalah tampilan musixmatch dalam android.
setelah mendaftar kita dapat mengisi lirik lagu yang kita inginkan. Jika sudah maka kita dapat mensinkronasikan dengan lagu yang kita miliki dalam android atau yang lainnya, dengan begitu jika lagu diputar maka akan muncul lirik yang sesuai dengan lagu seperti gambar diatas.